Langsung ke konten utama

Silabus dan SAP Ulumul Hadis


SLABUS DAN SAP  ILUMUL AL-HADIS
فى علوم الحديثمقرر

 

A.Silabus


  1. Identifikasi mata Kuliah

Nama mata Kuliah                  : Ilmu Hadis
Kode Mata Kuliah                  : -
Jumlah SKS                            : 2 sks
Semester                                  : I/KPI-B, MD-A dan PMI-B
Kelompok Mata Kuliah          : MKDU
Program Studi/Jurusan            : /KPI-B, MD-A dan PMI-B
Prasyarat                                 : -
Dosen                                        - H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

  1. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu  menjelaskan dasar-dasar ilmu hadis, mengetahui objek bahasan ilmu hadis baik secara diroyah maupun secara riwayah.. Kriteria hadis shahih, hasan dhaif, maudhu’ sampai pada metodologi penelitian hadis serta dapat mengaplikasikannya dalam sebuah bentuk penelitian hadis.

3.   Deskripsi Isi
      Perkuliahan ini membahas tentang  bagaimana ilmu hadis  beserta teori-teori di dalamnya membahas hadis baik dilihat dari sisi riwayahnya maupun  dirayahnya. Disampaikan bahwa, seorang ulama hadis akan mengetahui kesahihan suatu hadis jika ia mengukurnya dari  ilmu dirayah hadis. Sedangkan jika ia mengukur dari persoalan problematika periwayatannya, maka ia akan menggunakan ilmu riwayah.

4.   Pendekatan Pembelajaran :
      Ekspositori dan Inkuiri
      - Metode         : Ceramah, tanya jawab, seminar
      - Tugas            : Makalah, analisis hadis dan penyajiannya
      - Media            : OHP,LCD,CD Program Hadis

  1. Evaluasi
-    Kehadiran                                        Maksimum 16 x minimum 12 x
-    Makalah                                           25 %
-    Peyajian dan diskusi    
-    Tugas
-    UTS                                                  25 %
-    UAS                                                 40 %
  1. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1                            :  Orientasi perkuliahan
     Pertemuan 2                             :  Pengantar, Arti, kedudukan, fungsi hadis   unsur dan   Pengertian
                                                   Ilmu Musthalah Hadis.
Pertemuan 3                            :  Periodesasi Sejarah Pembinaan dan Penghimpunan hadis
            Pertemuan 4                            :  Pembagian ilmu hadis : Riwayah dan Dirayah
Pertemuan 5                            :  Thabaqat Ruwat, Isnad & kegiatan dokumentasi hadis
     Pertemuan 6                             : Pembagian hadis dari segi kehujjahannya, kuantitas         periwayatnya, kualitas kebersambungan sanadnya. Keadilan sahabat, Tabi’in dan Tabi’ al-Tabi’in
Pertemuan 7                         :   Permasalahan hadis shahih, hasan dan dhaif
Pertemuan 8                          :   Permasalahan hadis palsu (maudhu’)
            Pertemuan 9                          :   UTS
Pertemuan 10                        :   Metodologi Penelitian hadis
            Pertemuan 11                        :   Takhrij al-hadis
            Pertemuan 12                        :   Penyelesaian hadis2 yang bertentangan dan contohnya
            Pertemuan 13                       :   Biografi sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
            Pertemuan 14                        :   Biografi ulama hadis: Bukhari, Muslim, Abu Daud,
                                                         Tirmizi, Ibn Majah, Nasai, Ahmad
            Pertemuan 15                        :   Inkar al-Sunnah
            Pertemuan 16                          :  UAS
           


      7. Daftar Buku
               
         Buku Utama/Referensi

Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.

Ahmad Hanafi, Theology Islam, Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-9, 1991.

Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah,
Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Amin, Ahmad, Fajrul Islam,  Singapura : Sulaiman Mar’I,  n.p., n.d.

Anas, Malik  bin,  al-Muwaththa, Kairo : Isa  al-babi al-halabi,  1951

Azami, M.M,  Memahami Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta : Penerbit Lentera, 1995.
Ahmad Sutarmadi, Al-Imam al-Tirmidzi, Jakarta :Pt. Lugos Wacana Ilmu, 1998.

B. Satuan Acara Perkuliahan

 FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Pertama
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
Mahasiswa dapat  memahami pengertian dan visi serta misi matakuliah Ilmu Mustolah Hadis
Mahasiswa dapat menyepakati dan mengetahui dengan pasti :
a. Visi,misi dan tujuan perkuliahan hadis
b. Tugas-tugas
c.  Kriteria  penilaian
Persyaratan perkuliahan



Pengantar dan orientasi perkuliahan menyangkut :
a. Visi,misi dan tujuan perkuliahan hadis
b. Tugas-tugas
c.  Kriteria  penilaian
Persyaratan perkuliahan
Ceramah 
Tanya-jawab











100 menit
-


FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Kedua
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
Mahasiswa dapat memahami pengertian Ilmu Mustolah Hadis
Mahasiswa dapat menjelaskan  kembali mengenai pengertian Ilmu Musthalah Hadis
·         Pengertian Ilmu musthalah Hadis
·         Kegunaan Ilmu Musthalah Hadis
Ceramah   
Tanya-jawab

















100 menit
Media:
a.     Spidol
b. White  board
Buku :

Ø Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.
Ø Ahmad Hanafi, Theology Islam, Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-9, 1991.
Ø Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah,Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Ø Amin, Ahmad, Fajrul Islam,  Singapura : Sulaiman Mar’I,  n.p., n.d.



FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Ketiga
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
 Mahasiswa dapat memahamikegunaan ilmu riwayah dan dirayah dalam Ilmu Hadis
Mahasiswa dapat menjelaskan kembali  mengenai implementasi Ilmu Riwayah
a.         Ilmu Riwayah
b.        Kaidah Periwayatan

Ceramah 
Tanya-jawab

















100 menit
Media:
a.  Spidol
b.  White  board
c.  LCD
Buku :
Ø  Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.
Ø Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah, Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Ø Anas, Malik  bin,  al-Muwaththa, Kairo : Isa  al-babi al-halabi,  1951
Ø Azami, M.M,  Memahami Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta : Penerbit Lentera, 1995.
Ø Ahmad Sutarmadi, Al-Imam al-Tirmidzi, Jakarta :Pt. Lugos Wacana Ilmu, 1998.



FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Keempat
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
 Mahasiswa memahami pengertian dan urgensi thabaqat para rawi
 Mahasiswa dapat menjabarkan kembali  mengenai tingkat-tingkat para periwayat hadis, baik di lihat dari zamannya maupun dari sisi lainnya
a.   Pengertian Thabaqat al-Ruwat.
b.     Implementasi Thabaqat al-Ruwat
Ceramah 
Tanya-jawab

















100 menit
Media:
d.  Spidol
e.  White  board
f.   LCD
Buku :
Ø  Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.
Ø Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah, Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Ø Anas, Malik  bin,  al-Muwaththa, Kairo : Isa  al-babi al-halabi,  1951
Ø Azami, M.M,  Memahami Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta : Penerbit Lentera, 1995.
Ø Ahmad Sutarmadi, Al-Imam al-Tirmidzi, Jakarta :Pt. Lugos Wacana Ilmu, 1998.



FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Kelima
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
 Mahasiswa dapat menyelami makna kleadilan dalam Ilmu hadis terutama terkait dengan sahabat
 Mahasiswa dapat menerangkan kembali   mengenai keadilan sahabat, tabi’in dan tabi’ al-tabi’in
a.  Keadilan sahabat.
b.  Keadilan selain sahabat
Ceramah 
Tanya-jawab

















100 menit
- Media:
a.  Spidol
b.  White  board
c.  LCD
Buku :
Ø  Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.
Ø Ahmad Hanafi, Theology Islam, Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-9, 1991.
Ø Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah, Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Ø Amin, Ahmad, Fajrul Islam,  Singapura : Sulaiman Mar’I,  n.p., n.d.
Ø Azami, M.M,  Memahami Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta : Penerbit Lentera, 1995.


FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Keenam
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
Mahasiswa dapat  memahami pengertian kedhabitan sahabat, tabiin dan tabiit tabiin dalam persfektif Ilmu Mustolah Hadis
 Mahasiswa dapat menjelaskan   kembali mengenai kedhabitan sahabat, tabi’in dan tabi’ al-tabi’in
a.         Kedhabitan sahabat.
b.        Kedhabitan selain sahabat

Ceramah 
Tanya-jawab

















100 menit
- Media:
d.  Spidol
e.  White  board
f.   LCD
Buku :
Ø  Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.
Ø Ahmad Hanafi, Theology Islam, Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-9, 1991.
Ø Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah, Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Ø Amin, Ahmad, Fajrul Islam,  Singapura : Sulaiman Mar’I,  n.p., n.d.
Ø Azami, M.M,  Memahami Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta : Penerbit Lentera, 1995.


FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Ketujuh
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
 UTS
UTS
UTS  tulis
UTS
UTS

100 menit
-










FAKULTAS DAKWAH IAIN-SU
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah/No Kode    : ULUMUL HADIS
Program/Program Studi  : S1/KPI-B, PMI-B, MD-A
Semester/Jumlah SKS     : 2 SKS
Pertemuan                       : Kedelapan
Dosen                              : H. Mohd Iqbal A Muin, LC, MA

TUJUAN (KOMPETENSI)
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELA-JARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
 Mahasiswa dapat memahami  bagaimana proses transfer hadis dalam suatu majelis sama' (majelis periwayatan hadis)
 Mahasiswa dapat menjelaskan kembali perihal  proses transfer hadis dalam suatu majelis hadis
 Proses dan Kaidah Periwayatan Hadis dalam Majelis Sama’
 Diskusi kelas
Tanya-jawab
















100 menit
-- Media:
g.  Spidol
h.  White  board
i.   LCD
Buku :
Ø   Ahmad ‘Umar Hâsyim, Qawâ’id Ushûl al-Hâdits, t.t : Dâr al-Fikr, t.th.
Ø  Ahmad Hanafi, Theology Islam, Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-9, 1991.
Ø  Abu Lubâbat Husayn,  Mawqif  al-Mu’tazilah min  al-Sunnah al-Nabawiyah, Riyâdh : Dâr al-Liwâ’, t.th.
Ø      Azami, M.M,  Memahami Ilmu Hadits, terj.Meth Kieraha, Jakarta : Penerbit Lentera, 1995.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kosa Kata Bahasa Arab (2)

Mufrodat Pakaian dan Perlengkapan (اللباس و الألات الزينية ) معانى مفردات Pakaian لِبَاس  / ثَوْب Setelan مِسْدَرَة Gamis/Kemeja قَمِيْص Baju Dalam شِعَار Jas مِعْطَف Jubah جُبَّة Mantel عَبَاءَة Jas Hujan مِمْطَرَة Kaos Dalam عَرَقِيَّة / فَانِلَّة Sarung إِزَار Kain Panjang فُوْطَة Celana سِرْوَال Celana Dalam سِرْوَال دَاخِلِيّ Celana Panjang بَنْطَالُوْن Celana Cawat تُبَّان Blus بِلُوْزَة Rok Dalam تَنُّوْرَة B.H / Mini Set صُدْرِيَّة Baju Kurung جِلْبَان Saku جَيْب Kancing زِرّ Lobang Kancing عُرْوَة Lengan Baju كُمُّ Kerah Baju تَلْبِيْب Baju Atasan فَوْقَانِيَة Pakaian Biasa لِبَاس عَادِيّ Pakaian Tidur لِبَاس نَوْمِيّ Pakaian Sekolah لِبَاس مَدْرِسِيّ Pakaian O

Percakapan Bahasa Arab Harian

Dialek bahasa arab fasihah dan 'amiyah No Bahasa Amiyah Kalimat Arab dengan Tulisan Melayu Bahasa Fasih Makna 1 عَلَى كَيْفَكْ Ala kaifak على ما تريد أنت Menurut keinginanmu 2 ذا الحين Dzal hin الآن Sekarang 3 زَعْلانْ Za'lan غَضْبَانْ Marah 4 لَصِّ السراج Lasshi siroj وَلَّعْ السراج Hidupkan lampu 5 ماندري واه Manadri wah ما أعرف Gak tau 6 قدينك Qodainak أين أنت Dimana kamu 7 سيكل Cycle دراجة Sepeda 8 مزرم Mizrim غضبان Marah 9 سيكل ناري Cycle nari دراجة نارية Sepeda motor 10

المرأة فى الاحاديث الضعيفة

المرأة في الأحاديث الضعيفة والموضوعة تأليف أبو مالك محمد بن حامد بن عبد الوهاب المرأة في الأحاديث الضعيفة والموضوعة تأليف أبو مالك محمد بن حامد بن عبد الوهاب بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ رحم الله شيخنا الألبانيّ، الّذي عرفنا عن طريقه أثر الأحاديث الضعيفة الموضوعة السّيئ على الأمّة، إذ كلّما قرأت حديثاً موضوعاً تأمّلت واقعه، وتتبعت أثره، حتّى تبينت منهجاً كاملاً، استطاع أن يحوّل الدّين إلى مجموعةٍ من الأساطير، وهي غايةٌ عظمى لأعدائه على مدار تاريخه، فالقضيّة هي: تفريغ أمّةٍ من دينها الصّحيح، واستبدال دينٍ خرافيٍّ جزافيٍّ به، يتهوّك به المتهوّكون، ويسخر منه السّاخرون. وكانت قضيّة ’المرأة‘ إحدى أهمّ القضايا، الّتي شغلتني عند تتبعي للأحاديث الموضوعة، الّتي شاعت بين أوساط النّاس في سقوطنا، وتخلّفنا الاجتماعيّ، فلقد أتى علينا زمانٌ ندعو فيه إلى إبادة إنسانيّة المرأة، ونمارس ’الوأد‘ في صورٍ مختلفةٍ تناسب الدّعوى الجاهليّة، حتّى بلغ الجهل بالمرأة المسلمة ح دا أخفقت معه في تربية أجيالٍ، ممّا مهد لما نجني ثماره اليوم، ممّا هو معلومٌ ومشاهدٌ، حيث كان المجتمع يمارس إر