Senin, 19 Desember 2011

Pertanyaan tentang Ilmu Hadis

  1. Hadis ditinjau dari aspek kualitas terbagi tiga, yaitu : sahih, hasan dan dho’if. Hadis sahih merupakan hadis yang memiliki syarat-syarat yang cukup ketat,. Kemukakan syarat suatu hadis dinyatakan shahih. 
  2. Hadis ditinjau dari aspek kuantitas terbagi dua, yaitu mutawatir dan Ahad. Mutawatir terbagi dua yaitu lafdhi dan maknawi, sedangkan ahad terbagi tiga, masyhur, aziz dan gharib. Jelaskan defenisi hadis Mutawatir menurut etimologi dan terminologi dan kemukakan contohnya.
  3. Hadis menempati urutan kedua setelah al-Qur'an sebagai sumber hukum Islam. Kemukakan 3 ayat al-Qur'an yang menyatakan hal tersebut
  4. Hadis ditinjau dari nara sumber terbagi kepada 4 penuturnya, yaitu Hadis Qudsi, Hadis Nabawi, al-Khabar dan al-Atsar. Jelaskan defenisi masing-masing serta uraikan persamaan dan perbedaan antara Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi
  5. Fungsi hadis terhadap al-Qur'an diantaranya adalah menetapkan hukum yang tidak terdapat dalam al-Qur'an. Kemukakan salah satu contoh sebagaimana dimaksud pada pernyataan di atas.
  6. Uraikan kenapa Rasul saw melarang menulis hadis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar