Langsung ke konten utama

Tempat Wisata di Turki


JALAN-JALAN KE TURKI

T urki adalah sebuah  negara yang terletak di perbatasan Benua Asia dan Benua Eropa. Negara beribukota Ankara ini memiliki panorama yang sangat indah. Tempat-tempat bersejarah di Turki menarik untuk dikunjungi dan dipelajari. Terdapat pula tempat-tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan apabila berkunjung ke Turki.  Selain itu, Turki memiliki aneka kuliner yang sangat menggoda. Kebudayaan Turki dan penduduknya yang ramah-ramah menambah hangatnya suasana.

                Liburan panjang akan segera datang. Berkunjung ke Turki dapat menjadi alternatif utama bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kerabat. Dapatkan pengalaman indah yang tak terlupakan dengan berlibur di Turki.

A. TEMPAT-TEMPAT WISATA
1.      Istanbul
 Istanbul merupakan salah satu kota di Turki yang paling diminati para wisatawan. Di kota ini terdapat sebuah masjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Biru. Masjind ini memiliki daya tarik tersindiri yaitu keindahan arsitekturn serta desain interiornya yang unik.



2..      Anatolia (Anatalya)
 Anatolia atau Anatalya terletak di bagian selatan Turki. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kota ini merupakan kota yang berkualitas. Terdapat pula Kuil Zeus Aizanoi di kota ini. Kuil Romawi yang berdiri kokoh dan terawat ini merupakan salah satu harta dunia.



3..      Pamukkale
Pamukkale terletak di Provinsi Denizli, barat daya Turki. Tempat  ini adalah daerah yang terendam air panas dengan kalsium karbonat yang menciptakan keunikan berupa batu kapur dan travertine. Daerah ini merupakan warisan dunia. UNESCO telah mencatat daerah ini sebagai atraksi wisata.

6.      Ankara
Ankara adalah ibukota Turki.
Kota ini menjadi pintu gerbang kawasan-kawasan daerah unggulan. Ankara dan sekitarnya  sebenarnya bukanlah tempat wisata utama, namun sayang untuk dilewati. Kota ini  sangat menarik dan tiada salahnya untuk dikunjungi.

7. Cappadocia
Tempat ini ini merupakan harta dunia. Pemandangannya yang sangat menakjubkan, panorama alam yang indah, dan udara yang segar melengkapi hasrat berkunjung ke tempat ini.




B. KULINER
1.      Kebab
Kebab adalah makanan khas Turki dengan komposisi daging panggang yang lezat, sayuran segar dan saus mayonnaise istimewa yang diracik secara khusus dalam gulungan tortilla.
2.      Es Krim Turk
Es Krim khas turki ini merupsksn es krim unik yang sangat lezat. Es Krim ini terbuat dari susu kambing dengan sdonan sejenis sahlep yang terbuat dari anggrek, sehingga sukar untuk meleleh. Penjual es cream Turki ini sering iseng dengan main adu cekatan. Jadi bisa jadi dia pura-pura memberikan es krim kepada anda, lalu mendadak dia tarik kembali sambil berpura-pura menambahkan sedikit es krim. Atau saat conthong penuh es diberikan kepada anda sebetulnya conthongya ada dua, anda hanya diberi yang kosong. Pembeli biasanya tergelak.
3.      Meze
Meze adalah pilihan makanan pembuka atau hidangan kecil sering disajikan dengan minuman, seperti minuman beraroma adas manis seperti arak, ouzo, raki atau anggur yang berbeda, mirip dengan tapas dari Spanyol atau jari makanan. orang Turki sangat suka mengudap berbagai jenis hidangan pembuka yang mereka sebut meze. Menurut buku resep yang saya beli, jumlah meze ada ratusan. Selain dolma yang sangat populer, berbagai sajian yoghurt juga disukai. Misalnya, yoghurt dengan rajangan timun dan bawang bombai – mirip seperti yang kita jumpai di India dengan nama raita. Dalam baki meze yang biasanya langsung ditawarkan setelah tamu duduk, juga sering tampak buah zaitun, madu, keju kambing, dan kaymak (krim susu). Madu dipakai untuk dioleskan pada keju kambing, atau dicampur dengan kaymak atau yoghurt.

Meze hadir dalam berbagai kelompok rasa: asam, gurih, manis, dan pedas. Kalau ditinjau dari bahannya, meze dikelompokkan lagi ke dalam: daging sapi, daging kambing, ayam, ikan, hasil laut lain, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.
4.      Baklava
Baklava adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Nama lain baklava disebut güllach. 

5.      Boza 

Boza dan sahlep adalah minuman populer di musim dingin. Yang pertama dibuat dari fermentasi ringan millet dan selera mirip eggnog. Sahlep, di sisi lain, disajikan panas di kapal feri dan tempat-tempat umum lainnya dan terbuat dari umbi dilumatkan anggrek liar. Hal ini sangat manis dan datang ditaburi kayu manis, dan merupakan teman sempurna pada hari musim dingin.

C.KEBUDAYAAN
1.      Tari Sema
 Para Darwis (penari) menampilkan Tari sema, salah satu tarian dari Turki ciptaan Maulana Jalaluddin Rumi .Maulana Jalaluddin Rumi atau biasa dikenal dengan nama Rumi adalah seorang filosof Islam yang hidup sekitar sembilan abad yang lalu di Turki. Rumi dalam ajarannya menekankan toleransi, berpikir positif, ketuhanan, kemanusiaan, dan kepedulian tak terbatas atas nama cinta
Tarian yang menggabungkan unsur seni dan religi. Tari yang didominasi gerakan berputar dengan menengadahkan tangan ke atas ini mempunyai makna, manusia dan bagian- bagiannya merupakan kesatuan perputaran sebagaimana berputarnya struktur penyusun tubuh, aliran darah, perputaran asal manusia dari lahir sampai mati, dan berputarnya manusia menyertai perputaran bumi.

2.      Musik dan Kaligrafi khas Turki
Turki merupakan sebuah negara yang kaya akan budaya, di antaranya musik tradisional dan lukisan-lukisan. Selain sebagai hiburan, seni ini dapat difungsikan sebagai penenang pikiran dan peregang stress.

Menarik bukan? Turki merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan hari-hari libur anda bersama keluarga. Hal-hal dia atas hanyalah sebagian kecil gambaran Negri Turki. Temukan nuansa peralihan budaya barat serta timur yang memesona dengan berkunjung ke Turki.
Sumber: http://www.e-semesta.com/news/jalan.htm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kosa Kata Bahasa Arab (2)

Mufrodat Pakaian dan Perlengkapan (اللباس و الألات الزينية ) معانى مفردات Pakaian لِبَاس  / ثَوْب Setelan مِسْدَرَة Gamis/Kemeja قَمِيْص Baju Dalam شِعَار Jas مِعْطَف Jubah جُبَّة Mantel عَبَاءَة Jas Hujan مِمْطَرَة Kaos Dalam عَرَقِيَّة / فَانِلَّة Sarung إِزَار Kain Panjang فُوْطَة Celana سِرْوَال Celana Dalam سِرْوَال دَاخِلِيّ Celana Panjang بَنْطَالُوْن Celana Cawat تُبَّان Blus بِلُوْزَة Rok Dalam تَنُّوْرَة B.H / Mini Set صُدْرِيَّة Baju Kurung جِلْبَان Saku جَيْب Kancing زِرّ Lobang Kancing عُرْوَة Lengan Baju كُمُّ Kerah Baju تَلْبِيْب Baju Atasan فَوْقَانِيَة Pakaian Biasa لِبَاس عَادِيّ Pakaian Tidur لِبَاس نَوْمِيّ Pakaian Sekolah لِبَاس مَدْرِسِيّ Pakaian O

Percakapan Bahasa Arab Harian

Dialek bahasa arab fasihah dan 'amiyah No Bahasa Amiyah Kalimat Arab dengan Tulisan Melayu Bahasa Fasih Makna 1 عَلَى كَيْفَكْ Ala kaifak على ما تريد أنت Menurut keinginanmu 2 ذا الحين Dzal hin الآن Sekarang 3 زَعْلانْ Za'lan غَضْبَانْ Marah 4 لَصِّ السراج Lasshi siroj وَلَّعْ السراج Hidupkan lampu 5 ماندري واه Manadri wah ما أعرف Gak tau 6 قدينك Qodainak أين أنت Dimana kamu 7 سيكل Cycle دراجة Sepeda 8 مزرم Mizrim غضبان Marah 9 سيكل ناري Cycle nari دراجة نارية Sepeda motor 10

المرأة فى الاحاديث الضعيفة

المرأة في الأحاديث الضعيفة والموضوعة تأليف أبو مالك محمد بن حامد بن عبد الوهاب المرأة في الأحاديث الضعيفة والموضوعة تأليف أبو مالك محمد بن حامد بن عبد الوهاب بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ رحم الله شيخنا الألبانيّ، الّذي عرفنا عن طريقه أثر الأحاديث الضعيفة الموضوعة السّيئ على الأمّة، إذ كلّما قرأت حديثاً موضوعاً تأمّلت واقعه، وتتبعت أثره، حتّى تبينت منهجاً كاملاً، استطاع أن يحوّل الدّين إلى مجموعةٍ من الأساطير، وهي غايةٌ عظمى لأعدائه على مدار تاريخه، فالقضيّة هي: تفريغ أمّةٍ من دينها الصّحيح، واستبدال دينٍ خرافيٍّ جزافيٍّ به، يتهوّك به المتهوّكون، ويسخر منه السّاخرون. وكانت قضيّة ’المرأة‘ إحدى أهمّ القضايا، الّتي شغلتني عند تتبعي للأحاديث الموضوعة، الّتي شاعت بين أوساط النّاس في سقوطنا، وتخلّفنا الاجتماعيّ، فلقد أتى علينا زمانٌ ندعو فيه إلى إبادة إنسانيّة المرأة، ونمارس ’الوأد‘ في صورٍ مختلفةٍ تناسب الدّعوى الجاهليّة، حتّى بلغ الجهل بالمرأة المسلمة ح دا أخفقت معه في تربية أجيالٍ، ممّا مهد لما نجني ثماره اليوم، ممّا هو معلومٌ ومشاهدٌ، حيث كان المجتمع يمارس إر