KISIS SOAL UJIAN ILMU HADIS (Paket A)
1.
Ilmu yang
membahas tentang keadaan sanad, matan, tata cara menerima dan menyampaikan hadis
serta sifat-sifat rowi hadis dan sejenisnya disebut ...
a.
Ilmu hadis
diroyah
b.
Ilmu hadis
riwayah
c.
Ilmu hadis
nabawi
d.
Ilmu hadis qudsi
e.
Ilmu hadis fi’li
2.
Penyusun pertama
Ilmu Hadis Riwayah ialah ...
a.
Imam Bukhori
b.
Imam Muslim
c.
Muhammad Hasan
bin Abdirrahman Arramahumzi
d.
Imam Malik bin
Anas
e.
Imam Muhammad
bin Syihab Azzuhri
3.
Seseorang dapat mengetahui sanad dan matan suatu hadis
ditolak atau diterima dengan cara mempelajari ilmu hadis …
a. Dirayah
b. Riwayah
c. Asbabul wurud
d. Nasikh
e. Tajrih
4.
Ilmu rijalul
hadis adalah ilmu untuk mengetahui para perawi hadis dalam kapasitas mereka
sebagai …
a.
perawi hadis
b.
penghafal hadis
c.
penulis kitab hadis
d.
pencari hadis
e.
ahli hadis
5.
Bentuk ungkapan
kalimat meriwayatkan (ada’) hadis ialah ...
a.
addayna
b.
haddatsana
c.
katabana
d.
rawaina
e.
aradna
6.
Jika seorang syaikh dalam menyampaikan hadis
mengatakan :
"
هذا من سماعتي عن فلان فاروه عني "
Maka muridnya ketika menyampaikan kepada orang lain harus mengatakan…
a. sami'tu
b. qaraa fulan wa
ana asma'
c. qara'tu 'ala
fulan
d. nawalani fulan
e. katabani fulan
7.
Seorang syaikh membaca hadis dan orang orang yang
hadir mendengarkannya. Cara penerimaan hadis seperti ini disebut…
a. as sima'
b. al ijazah
c. al munawalah
d. al washiyah
e. al wijadah
8.
Definisi Hadis
Mutawatir ialah ...
a.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak sepakat bohong
b.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya
kebohongan.
c.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang kurang dari 10 orang
d.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang terdiri dari 2 orang
e.
hadis yang tidak
terkenal palsu
9.
Hadis yang kegharibannya berada di ashlus sanad
( pangkal sanad ) disebut hadis …
a. Aziz
b. Gharib nisbi
c. Gharib muthlaq
d. Ahad
e. Marfu'
10.
Definisi Hadis
Masyhur ialah ...
a.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak sepakat bohong
b.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya
kebohongan.
c.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang kurang dari 3 orang
d.
hadis yang
diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
e.
hadis yang
diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang tidak sampai pada batas mutawatir
11.
Hadis mutawatir
memberikan pengertian yang bersifat ...
a.
Dhoruri (pasti)
b.
Nadhari
(relatif)
c.
Aqli
d.
Wahmi
(prasangka)
e.
Wahn (lemah)
12.
Hadis daif boleh
diamalkan dalam hal fadlailil a'mal saja, namun tetap harus memenuhi
beberapa syarat, yaitu : daifnya tidak parah, sesuai dengan dasar dasar yang
berlaku serta sebagai bentuk kehati hatian saja. Ulama yang mensyaratkan seperti itu adalah …
a. Ibnu Hazm
b. Ibnu Taimiyah
c. Imam Bukhari
d. Imam Muslim
e. Ibnu Hajar al
Asqalani
13.
Dalam kedudukannya
sebagai sumber hukum syariah, maka hadis hasan ...
a.
tidak boleh
dijadikan sumber hukum syariah
b.
boleh dijadikan
sumber hukum syariah
c.
tidak layak
dijadikan sumber hhukum syariah
d.
tidak boleh diambil
teladan
e.
mutlak tidak
perlu diabaikan
14.
Syarat-syarat hadis
shahih, antara lain …
a.
syadz
b.
adil rowinya
c.
banyak muridnya
d.
banyak gurunya
e.
putus sanadnya
15.
Hadis Hasan
dibagi menjadi dua, yakni ...
a.
hasan li nafsihi
dan hasan bi ghairihi
b.
hasan li dzatihi
dan hasan li ghairihi
c.
hasan bi Nafsihi
dan hasan bi Ghairihi
d.
hasan li dzatihi
dan hasan linafsihi
e.
hasan sahih dan
shahih hasan
16.
Menyembunyikan cacat di dalam sanad dengan menampakkan
lahiriyahnya yang bagus merupakan ciri hadis …
a. Mu'dlal
b. Mursal
c. Mudraj
d. Munqathi'
e. Mudallas
17.
Salah satu
perbedaan antara Alquran dan Hadis Qudsi antara lain ...
a.
Alquran boleh
diriwayatkan dengan makna dan hadis qudsi tidak
b.
lafadz Alquran bukan mukjiz,
sedangkan hadis qudsi mukjiz
c.
Alquran lafadznya
bersumber dari Allah SWT, sedangkan Hadis Qudsi dari Rasulullah.
d.
riwayat Alquran tidak
selalu mutawatir, sedangkan hadis qudsi mutawatir
e.
Alquran dan Hadis
Qudsi boleh dibaca dalam shalat
18.
Hadis mawquf menurut bahasa artinya adalah......
a. yang diangkat
b. Yang disucikan
c. yang terputus
d. Yang terhenti
e. yang dinisbatkan kepada Sahabat
19.
Hadis
yang berisi perkataan, perbuatan atau taqrir yang disandarkan kepada tabi`in
atau orang yang berada pada tingakat dibawahnya, disebut...
a. Hadis Qudsi
b. Hadis Marfu‘
c. Hadis Muttasil
d. Hadis Mawquf
e. Hadis Maqtu‘
20.
Definisi Hadis
Qudsi ialah ...
a.
hadis rasul yang
diriwayatkannya dari Allah SWT
b.
hadis rasul yang
diriwayatkannya dari malaikat Jibril
c.
hadis rasul yang
diriwayatkannya dari malaikat isrofil
d.
hadis rasul yang
bersumber dari rasul
e.
hadis tentang
kesucian pribadi rasul
21.
Sejak munculnya
perpecahan umat Islam banyak orang yang memalsukan hadis seperti contoh berikut :
روى عن النبي قال : رأيت بنى مروان يتعاورون على منبري فساءني ذلك و رأيت
بنى العباس يتعاورون على منبري فسرني ذلك
Hadis maudlu’ tersebut
diatas dimunculkan oleh …
a. politikus
b. ahli zindiq
c. ahli cerita
d.
para pembela madzhab
e.
kesalahan rijalul hadis
22.
Hadis ditinjau dari sisi diterima atau ditolaknya sebagai
hujjah dibagi menjadi……….
a. Hadis Nabawy dan Hadis Qudsi
b. Hadis Maqbul dan Hadis
Mardud
c. Hadis Sahih dan Hadis Hasan
d. Hadis Nasikh dan Hadis
Mansukh
e. Hadis ‘Aly dan hadis Nazil
23.
Hadis Mursal adalah Hadis yang gugur sanadnya pada
bagian….……
a.
akhir sanad Sahabat
b.
awal sanad (gurunya Rawi)
c.
tengah sanad
d.
tengah dan akhir
e.
tengah berturut-turut
24.
Hadis mardud Dha’if
yang disebabkan karena periwayatnya memiliki kebiasaan sehari-harinya berbohong
disebut.....
a.
hadis
mawdu’
b.
hadis
matruk
c.
hadis mungkar
d.
hadis mushahhaf
e.
hadis mudraj
25.
Ungkapan jarh dan ta'dil oleh periwayat terhadap
periwayat lain mempengaruhi tingkatan keadilan seorang perawi hadis. Di bawah
ini, ungkapan ta'dil yang paling rendah tingkatannya adalah …
a.
صدوق إنشاء الله
b.
أوثق الناس
c.
مأمون
d.
صدوق
e.
ثقة ثقة
26.
Apabila terdapat ta'arud (pertentangan) antara jarh
wa ta'dil pada seorang perawi, maka jarh harus didahulukan secara mutlak
walaupun mu'addilnya lebih banyak dari pada jarihnya. Pendapat tersebut adalah
pendapat …
a. jumhur Maliki
b. jumhur ulama
c. Ashabus Syafi'i
d. Imam Ahmad
e. Ibnu Hajar
27.
Ulama pertama yang menyusun riwayat ringkas para
sahabat adalah …
a.
Yahya ibn Ma’in
b.
Abu Muhammad Abdur Rahman ibn Abi Hatim
c.
Ahmad ibn Hambal
d.
Imam Syamsuddin Muhammad ibn Ahmad
e.
Imam Bukhari
28.
Di antara cara
untuk mengetahui sifat adil bagi seorang perawi hadis adalah …
a. pengakuan
dirinya
b. kepopulerannya
c. kekuatan
hafalannya
d. ketidakfanatikannya
e. kejujurannya
29.
Berikut ini
adalah prinsip dasar dalam menjelaskan kedaan rowi, kecuali …
a.
jujur dan tuntas dalam memberikan penilaian
b.
kecermatan dalam
meneliti dan menilai
c.
mematuhi etika al Jarh
d.
menta’dil secara gelobal dan mentajrih secara rinci
e.
menutupi aib seorang muslim sesuai dengan ajaran islam
30.
Di antara Imam muhadditsin ada yang berguru kepada
Quthaibah bin Sa'id, Ishaq bin Musa, Sufyan bin Waqi', Muhammad bin Ismail al
Bukhari, Muslim, Ismail bin Musa, dan lain lain. Imam muhaddis tersebut adalah
…
a. Bukhari
b. Muslim
c. Tirmidzi
d. Nasa'i
e. Abu Daud
31.
Seorang sahabat yang meriwayatkan 2.286 hadis dan
pernah menjadi pelayan Rasulullah SAW adalah …
a. Abdullah bin
Umar bin Khaththab
b. Anas bin Malik
c. Abdullah ibnu
Abbas
d. Abu Hurairah
e. Abdullah bin
'Amru bin 'Ash
32.
Di antara kelebihan Shahih Bukhari dibanding Shahih
Muslim adalah ...
a.
Shahih Bukhari
lebih sistimatis
b.
Shahih Bukhari
bersambung sanadnya
c.
Shahih Bukhari
terdapat semua jenis hadis
d.
Shahih Bukhari
terdapat istimbath fiqh
e.
Shahih Bukhari
terbukukan
33.
Karya
terbesar Imam Muslim adalah ...
a.
Kitab al Musnad
b.
Kitab al I‘lal
c.
Kitab al Kabir
d.
Kitab al Shahih
e.
Kitab al Jami al Shahih
34.
Nama lengkap
Imam Tirmdzi ialah ...
a.
Abu Abdillah
Muhammad bin Isma’il
b.
Abul Husain
Muslim bin Al Hajjaj
c.
Abu Abdillah
Muhamma bin Yazid
d.
Abu Isa Muhammad
bin Isa
e.
Abu Abdirrahman
Muhammad bin Syu’aib
35.
Seorang hafidz
berpegang kepada salah satu kitab hadis shahih, lalu ia mentakhrij hadis yang
ada di dalamnya dengan menggunakan sanadnya sendiri dan bukan dari sanad yang
terdapat dalam kitab hadis shahih tersebut. Ungkapan tersebut adalah ciri dari
kitab …
a. Mustadrakat
b. Mustakhrajat
c. Al Jawami'
d. Al Ushul
e. Al istidrak
36.
Kitab hadis yang isinya mencakup seluruh bab yang
berjumlah delapan yaitu bab aqaid, ahkam, rifaq, adab tha'am wa syarb, at
tafsir, syamail, fitan dan manaqib disebut …
a. Mustadrakat
b. Mustakhrajat
c. Al Jawami'
d. Al Ushul
e. As Shahih
37.
Perhatikan hadis berikut ini !
قال رسول الله صلى
الله عليه وسلم : السمع والطاعة على المرء المسلم فيما أحب وكره ما لم يؤمر بمعصية
فإذا أمر بمعصية فلا سمع ولا طاعة ( رواه البخاري )
Sikap yang sesuai dengan matan hadis ini adalah …
a. Mengembangkan
dan memerangi pemerintah.
b. Tidak ikut
memberikan sumbangsih pemikiran pada pemerintah.
c. Taat pada
pemerintah dalam kebijakan apapun.
d. Taat pada
pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hokum Allah.
e. Taat pada
pemerintah dalam kebijakan yang sesuai dengan hokum barat.
38. Maksud dari potongan hadis وَعَلَى أَنْ نَقُولَ بِالْحَقِّ adalah...
a. perbuatan yang haq harus ditaati
b. ucapan yang haq harus ditaati
c. mendengar dan taat untuk berkata yang haq
d. mendengar ketaatan adalah haq
e. taat adalah perbuatan yang haq
39. Secara bahasa taat artinya ...
a. mengerjakan sesuatu yang diperintahkan
b. meninggalkan seseuatu
c. mengerjakan sesuatu yang baik
d. tunduk dan patuh kepada Allah
e. takwa kepada Allah.
40.
Perhatikan hadis dibawah ini
عن عبد الله بن عمر
رضي الله عنهما قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : كلكم راع ومسئول عن
رعيته والإمام راع ومسئول عن رعيته والرجل راع في أهله ومسئول عن رعيته والمرأة في
بيت زوجها راعية ومسئولة عن رعيتها والخادم في مال سيده راع ومسئول عن رعيته قال
وحسبت أن قد قال والرجل راع في مال أبيه ومسئول عن رعيته ( رواه البخاري )
Hadis di atas berbicara tentang ...
a.
Kepemimpinan dan keadilan
b.
Kepemimpinan dan tanggung jawab
c.
Kepemimpinan dan kekuasaan
d.
Kepemimpinan dan harta
e.
Kepemimpinan dan politik
41.
Pemimpin yang baik adalah orang yang mengharapkan
kebaikan rakyatnya sehingga ia akan berusaha untuk mengeluarkan
kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada rakyat, bukan kepada kepentingan
pribadi atau golongan. Potongan hadis dibawah yang mengndung makna tersebut
adalah.....
a.
خِيَارُ أَئِمَّتِكُمْ
b.
وَيُصَلُّونَ عَلَيْكُمْ
c.
الَّذِينَ تُحِبُّونَهُمْ
d.
وَتُصَلُّونَ عَلَيْهِمْ
e.
وَيُحِبُّونَكُمْ
42.
Perhatikan potongan redaksi hadis dibawah ini !
ولَا يَنْزِعَنَّ
يَدًا مِنْ طَاعَةٍ arti redaksi hadis yang bergaris bawah adalah..
a.
memaksakan
b.
mencabut
c.
melambaikan
d.
memotong
e.
memutuskan
43.
Perhatikan redaksi hadis dibawah ini !
إِذَا
رَأَوْا الْمُنْكَرَ لَا يُغَيِّرُونَهُ أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمْ
اللَّهُ بِعِقَابِهِ ini adalah dalil yang membuktikan bahwa...
a.
Allah mengadhab orang yang tidak mau dakwah secara umum
b.
Allah mengadhab orang mungkar didunia dan
akhirat
c.
Allah mengadhab orang yang melakukan
kemungkaran
d.
Allah mengadhab orang yang berdakwah tanpa ilmu
e. Allah mengadhab
orang yang meninggalkan kemungkaran
44.
مَنْ
رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ arti kata yang bergaris bawah adalah.....
a. maka hendaklah merubahnya
b. maka perintahkanlah
c. maka hendaklah memerintahkan
d. maka lakukanlah
e. maka hendaklah
bertanggungjawab
45.
Perhatikan hadis dibawah ini!
قَالَ
فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَوَلَدِهِ وَجَارِهِ تُكَفِّرُهَا الصَّلَاةُ
وَالصَّدَقَةُ وَالْأَمْرُ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْيُ عَنْ الْمُنْكَرِ
Hadis ini adalah dalil yang menerangkan bahwa amar makruf nahi
mungkar bisa menyebabkan....
a. dosanya dihapus
b. kedamaian
c. masuk surga
d. menjadi golongan nabi
e. negara yang aman
46.
Perhatikan hadis berikut ini !
وأن
يعلمه الكتابة
Perbuatan
yang menunjukkan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya dari matan hadis di
atas adalah …
a. Menganjurkan
anak cara membaca dengan baik
b. Mengajarkan anak
tentang budi pekerti
c. Mengajarkan anak
cara memanah
d. Mengajarkan anak
cara menulis dengan benar
e. Memberikan nama
yang bagus untuk anak
47.
Hak orang muslim terhadap orang muslim
lainnya adalah diabawah ini, kecuali...
a. menjawab
salam
b. menjenguk
orang sakit
c. menyaksikan
jenazah
d. mendoakan
ketika sudah meninggal dunia
e. mendatangi
undangan
48.
Potongan hadis dibawah ini yang
mengandung makna bahwa setiap perempuan bertanggungjawab atas harta suaminya
adalah...
a. كُلُّكُمْ
رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
b. فَالْإِمَامُ
رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
c. وَالْخَادِمُ
فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
d. وَالْمَرْأَةُ
فِي بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا
e. وَالرَّجُلُ
فِي أَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه
49.
Perhatikan hadis berikut ini !
دَعْ
مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لَا يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ
رِيبَةٌ
Dibawah ini yang bukan kandungan hadis ini adalah..
a. perintah agar tidak ragu-ragu
b. perintah adil
c. perintah jujur dan tenang
d. tanda-tanda bohong adalah ragu
e. tanda orang jujur adalah tenang
50.
وَإِنَّ
الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا
Makna kata yang bergaris
bawah adalah...
a. kebohongan
b. bohong
c. pembohong
d. dibohongi
e.
orang yang bohong
Komentar
Posting Komentar