03
September 2012
Silabus Ilmu Hadis
Silabus Matakuliah Ulumul Hadis
A. IDENTITAS
1.
Matakuliah : Ulumul Hadis
2.
Program Studi : Fakultas Dakwah IAIN/
MD-KPI
3.
Semester : I (satu)
4.
Kode/
Bobot : 2 SKS
5.
Dosen Pengampu
: H. Mohd Iqbal A Muin, Lc, M.A.
B. STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mengetahui dan memahami
dengan baik arti penting Ilmu Hadis sebagai Suatu pengetahuan untuk mempelajari
hal-hal yang berkaitan dengan Hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam.
C. KOMPETENSI DASAR
1. Mahasiswa dapat mengetahui sejarah perkembangan Hadis
dan Ulumul Hadis, Pembagian Hadis, Takhrij al-Hadis, para Mukharrij dan
kitab-kitab yang Muktabar, serta Inkarussunnah
2. Mahasiswa
mampu membedakan hadis sahih dan hadis daif
3. Mahasiswa
mampu mengembangkan Takhrij
al-Hadis (penelusuran dan Penelitan terhadap Hadis)
D. URGENSI MATAKULIAH
Sarjana Dakwah diharapkan mampu
menyelesaikan persoalan-persoalan dasar sumber ajaran Islam yang muncul di
masyarakat. Menyangkut dunia kerja dimana sarjana dakwah, -khususnya
dengan latar belakang program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam-,
diproyeksikan menjadi tenaga-tenaga dia’i/da’iyah seperti penulis,
penyiar ditengah-tengah masyarakat.
E. DESKRIPSI MATAKULIAH
Ulumul Hadis/ilmu hadis menjadi
landasan penting dalam menentukan kualitas dari hadis-hadis yang dapat
dijadikan sebagai landasan hukum dalam beribadah. Landasan
ini menjiwai pengertian pengertian hadis, sejarah perkembangan
Hadis dan Ulumul Hadis, serta Inkarussunnah dan hal-hal yang berhubungan
dengannya. Terkait dengan pembagian hadis harus dipahami dengan jelas
sehingga mampu memilah dan memilih mana hadis-hadis yang sahih yang dapat
dijadikan sebagai dalil dalam beribadah dengan hadis daif. Berikutnya
tentang Takhrij al-Hadis (penelusuran dan Penelitan terhadap Hadis)
menjadi factor yang menentukan dalam menentukan apakah sebuah hadis dikategorikan
hasih atau tidak baik ditinjau dari segi sanad maupun dari segi matan, dan
selanjutnya para Mukharrij, apa langkah-langkah yang dilakukan mereka dalam
kitab-kitabnya yang Muktabar( diakui). Seluruh aspek diatas menjadi bekal
penting bagi mahasiswa untuk mampu menyelesaikan
persoalan-persoalan ajaran Islam ditengah-tengah masyarakat.
F. Pertemuan
No
|
PERTEMUAN
|
TOPIK
BAHASAN
|
|
I
|
Overview matakuliah dan kontrak
belajar
|
|
II
|
Pengertian Hadis: Hadis, Sunnah,
Khabar dan Asar dan Struktur Hadis
|
|
III
|
Hadis Sebagai Sumber Ajaran Agama:
Dalil-dalil Kehujjahan Hadis dan Fungsi Hadis terhadap Alqur’an
|
|
IV
|
Sejarah Hadis Prakodifikasi: hadis
pada periode Rasul, Sahabat dan Tabi’in
|
|
V
|
Sejarah Kodifikasi Hadis:
Pembukuan Hadis abad II, III, IV, V H dan sampai Sekarang
|
|
VI
|
Ulumul Hadis, Sejarah
Perkembangannya: Pengertian, Sejarah perkembangan Pemikiran Ulumul Hadis pada
periode Klasik, Pertengahan dan Modern
|
|
VII
|
Pembagian Hadis: dari segi
Kuantitas Sanad; Mutawatir, Masyhur dan Ahad dan Kualitas sanad: Sahih, hasan
dan Daif
|
|
VIII
|
Ujian Mid Semester
|
|
IX
|
Syarat-syarat Hadis Sahih: sanad
bersambung, Rawi adil, Dhabit, tidak Janggal dan tidak ada Illat
|
|
X
|
Hadis Daif’: disebabkan gugurnya
sanad, disebabkan keterputusan sanad; kehujjahan hadis daif
|
|
XI
|
Ilmu al-Jarh wa Ta’dil:
Pengertian, Objek pembahasan dan Lafaz-lafaz serta Maratib al-Jarh wan Ta’dil
|
|
XII
|
Hadis Muwdu’: Pengertian, Sejarah
Kemunculan dan factor Melatar belakanginya, Keriteria hadis Mawdu’
|
|
XIII
|
Inkarussunnah’ Pengertian,
sejarah, argument dan bantahan ulama dan inkarussunnah di Indonesia
|
|
XIV
|
Ikhtisan Sanad dan Matan:
pengertian, Kaedah-kaedahnya, Syarat-syarat Seorang Perawi dan Proses
Transformasi (tahammul wal ada’) dan sigat-sigatnya
|
|
XV
|
Pengenalan Takhrij Hadis:
Pengertian, pengenalan Kitab terkait dan terhadap Mukharrij.
|
G. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pembelajaran aktif menjadi dengan berbagai variasinya akan digunakan sepanjang relevan
dengan materi perkuliahan agar mahasiswa terlibat seaktif mungkin dan mencapai
hasil yang maksimal. Individual learning tetap akan digunakan apabila
diperlukan. Alternatif strategi pembelajaran yang digunakan antara lain: card
sort, reading guide, information search, synergetic teaching, student created
case study.
H. EVALUASI/ PENILAIAN
Penilaian akhir (final evaluation) matakuliah Ulumul hadis dibuat
berdasarkan kontrak belajar sebagai berikut:
1.
Kehadiran
: 75 %
2.
Tugas
: 25 %
3. Kontribusi terhadap kelas: 10 %
4. Ujian mid
semester : 25 %
5. Ujian akhir
semester : 40 %
I. REFERENSI
Muhammad Ajjaj Al Khatib, U¡ul
al-Hadis Ulumuha wa Mus¯alahuhu, Beirut: Dar al Fikr, 1981
--------, As-Sunnah Qabla Tadwin, Beirut: Dar al-Fikr, 1414 H/1993 M
T.M. Hasbi as Shiddiqiey, Pokok-pokok
Dirayah Hadits, Jakarta Bulan Bintang, 1958
------------,
Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, Jakarta: Bulan Bintang,
1988
Muhammad Jamal ad Din al-Qasimi,
Qawaid Tahdis min Funun Mustalah al-Hadits, Beirut: Dar al-Kutubal
Taimiyah, 1997)
Muhammad Mustafa Azami, Hadits
Nabawi dan Sejarah Kodifikasi Hadits, terj. Ali Mustafa Yaqub,
(Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994
Nur al Din al’itr, Manhaj an Naql
fi Ulumul hadits, Damascus: Dar al Fikr, 1982
Subhi As Salih, Ulum al Hadits
waMustalahuhu, Beirut:Dar al-Ilm Al Malayin, 1977
Mahmud
al Thahhan, Taisir Musthalah al Hadits, Bairut: Dar al-Karim, 1399
H/1979M
-------,Usulut Takhrij wa
Dirasatul Asanid, terj.Ridlwan Nasir, Metode Takhrij dan Penelitian
sanad, Surabaya: PT.Bina Ilmu, 1995
M.Syuhudi
Ismail, Hadits Nabi Menurut, Pembela, Pengingkar dan Pemalsunya,
Jakarta: Gema Insani press, 1995
-------,
Pengantar Ilmu Hadis, Bandung: Angkasa, 1987
-------,
Metodologi Penelitian Hadits, Jakarta: Bulan Bintang, 1992
-------, Kaedah Keshahihan Sanad
Hadits (telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah),
Jakarta: Bulan Bintang, 1988
Jalal ad Din Abdul Rahman bin Abi
Bakar as Suyuti, Tadribur Rawi, tp:Syirkah Maktabah Ahmad bin Sa'ad bin
Nubhan wa Auladuhu, t.th)
Mahmud
al Thahhan, Taisir Musthalah al Hadits, Bairut: Dar al Karim, ,1399
H/1979M
-------,Usulut Takhrij wa
Dirasatul Asanid, terj.Ridlwan Nasir, Metode Takhrij dan Penelitian
sanad, Surabaya: .Bina Ilmu, 1995
Ibnu
as-Shalih,Ulum al hadits, Madinah al-Munawwarah: Maktabah
al-Ilmiyah, 1972
J. KORTRAK KULIAH
Hasil kontrak kuliah yang dilakukan
pada tanggal : 05 September 2012
1. Masuk 08.00 WIB dan
keterlambatan hanya ditolerir selama 15 Menit (08.15 WIB).
2. Ujian susulan dilayani
sampai dengan pelaksanaan ujian akhir semester untuk mata kuliah bersangkutan;
3. Izin tidak masuk
kuliah harus dengan surat;
4.
Masing-masing mahasiswa dan dosen dilarang mengaktifkan suara HP;
5.
Hindari diskusi ilegal (dilarang ribut);
6.
Setiap Pemakalah wajib hadir pada saat Presentasi Makalahnya, kalau tidak
hadir maka nilainya dihitung setengah (25 % ).
8.
Setiap mahasiswa wajib memiliki makalah yang akan dipresentasikan.
9.
Tidak boleh memakai sandal.
Komentar
Posting Komentar