Langsung ke konten utama

Paket D Kisi2 Ujian Ilmu Hadis

FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATRA UTARA
MEDAN
2015







Paket D Kisi2 Ujian Ilmu Hadis


1.        Hadis Hasan ialah ...
b.    hadis yang muttasil sanadnya yang diriwayatkan oleh perowi yang adil yang lebih rendah hapalannya, tapi tidak ada syadz dan tidak tercela.
c.    hadis yang baik sanadnya yang diriwayatkan oleh perowi yang adil yang lebih rendah hapalannya, tapi ada syadz dan tidak tercela.
d.    hadis yang muttasil sanadnya yang diriwayatkan oleh perowi yang kurang adil yang lebih rendah hapalannya, tapi tidak ada syadz dan tidak tercela.
e.    hadis yang muttasil sanadnya yang diriwayatkan oleh perowi yang kurang adil yang lebih rendah hapalannya, tapi tida ada syadz dan tidak tercela.
f.     hadis yang muttasil sanadnya yang diriwayatkan oleh perowi yang kurang adil yang kuat hapalannya, tapi ada syadz dan tercela.
2.        Sebagian ulama berpendapat bahwa hadis dha’if boleh dijadikan hujjah manakala suatu hadis ...
a.    termasuk digemari banyak orang
b.    termasuk dalam cakupan dasar syari’at yang berlaku
c.     tidak menganjurkan pada kemaslahatan
d.    menganjurkan kenyamanan.
e.    melarang kebaikan
3.        Auha al asanid (sanad yang paling buruk) " Shadaqah bin Musa ad Daqiqi dari Farqad as Subkhi dari Murrah at Thib dihubungkan kepada …
a.    Abu Bakar
b.    Ibnu Abbas
c.     Ubay bin Ka'ab
d.    Umar bin al Khaththab
e.    Abu Hurairah
4.        Perhatikan contoh hadis berikut !
حديث ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج إلى مكة عام الفتح في رمضان فصام حتى بلغ الكديد ثم أفطر فأفطر الناس
            Hadis di atas adalah hadis mursal yaitu hadis yang awal sanadnya terputus. Adapun penyebab hadis di atas dinamakan hadis mursal adalah …
a.    Ibnu Abbas belum masuk islam pada saat Nabi menaklukkan kota Makkah
b.    Ibnu Abbas adalah tabi'in
c.     Pada saat fathu Makkah Ibnu Abbas tidak menyaksikan secara langsung
d.    Ibnu Abbas orang yang tidak bisa dipercaya
e.    Ibnu Abbas ikut berbuka puasa pada saat fathu Makkah bersama Nabi
5.        Lafadz yang disandarkan kepada Allah Ta'ala, diperoleh oleh Nabi melalui ilham dan boleh diriwayatkan dengan maknanya saja disebut dengan hadis…
a.    Masyhur
b.    Shahih
c.     Qudsi
d.    Mutawatir
e.    Aziz
6.        Perhatikan hadis berikut ini!
عن ابي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: قال تعالى الكبرياء ردائي والعظمة إزاري فمن نازعني واحدا منهما قذفته في النار.
Hadis diatas adalah contoh dari hadis …
a.    nabawi
b.    Qudsi
c.     hammiyah
d.    Mutawatir
e.    Fi’li
7.        Klasifikasi Hadis Mardud yang disebabkan karena gugur Perawinya adalah tersebut dibawah ini, kecuali………
a.    Hadis Mursal              
b.    Hadis Muqathi’          
c.     Hadis Mu’allaq
d.    Hadis Maudhu’                       
e.    Hadis Mu’dal
8.        Berikut ini adalah syarat-syarat Hadis maqbul adalah…
a.    Sanadnya bersambung
b.    Diriwayatkan oleh Perawi yang ‘adil dan aktif
c.    Diriwayatkan oleh Perawi yang banyak
d.    Dari segi matan tidak ada Shadh
e.    Tidak terdapat Illat
9.        Hadis yang sukar dipahami maksudnya lantaran tidak dapat diketahui ta’wilnya adalah …
a.    Hadis Mutasyabih        
b.    Hadis Mardud              
c.    Hadis Mansukh            
d.    Hadis Mutawaffaq Fihi
e.    Hadis Marjuh
10.    Hadis yang putus sanadnya satu atau lebih berturut-turut ditingkatan Shaikh rowi disebut
a.    mu’allaq                     
b.    mu’dal
c.    mursal
d.    mudallas taswiyah     
e.    mudallas syuyukh
11.    Klasifikasi Hadis Mardud yang disebabkan karena gugur Perawinya adalah tersebut dibawah ini, kecuali………
a.    Hadis Mursal              
b.    Hadis Muqathi’          
c.     Hadis Mu’allaq
d.    Hadis Maudhu’                       
e.    Hadis Mu’dal
12.    Menyebutkan nama Shaikhnya dengan nama atau julukan, atau nama panggilan, atau nama yang tidak lengkap, agar orang lain menganggapnya bahwa hadis tersebut diriwayatkan dari orang yang tsiqah disebut......
a.    Mudallas isnad           
b.    Mudallas taswiyah
c.     Mudallas syuyukh      
d.    Mursal khafi
e.    Mursal tabi’i
13.    Hadis nabi:
قال الراوي فيما روى عن  أبي هريرة عن رسول الله : اسبغوا الوضوء ويل للأعقاب من النار
Ini adalah contoh hadis mudraj, karena…..                                                   
a.    Kata  اسبغوا الوضوء adalah tambahan dari rowi
b.    Kata  اسبغوا الوضوء adalah kata-kata Abu Hurairah
c.     Kata  اسبغوا الوضوء adalah kata-kata Nabi
d.    Kata ويل للأعقاب من النار adalah kata-kata Abu Hurairah
e.    Kata-kata hadis semuanya dari Abu Hurairah sendiri
14.  Berilmu, bertakwa, wara', jujur, tidak fanatic golongan dan dapat mengetahui sebab sebab cacat dan tidaknya seorang perawi. Kriteria tersebut adalah syarat dari …
a.    At ta'lif dan at takhlif
b.    An nasikh dan al mansukh
c.     At tadlis dan at talfiq
d.    At ta'lil dan at tazki
e.    Al Mu'dil dan al jarih
15.  Ilmu el jarh wa el ta’diel  adalah ilmu yang membahas tentang keadaan perawi dari sisi …
a.    adilnya
b.    jarhnya
c.    diterima riwayatnya
d.    ditolak riwayatnya
e.    diterima dan ditolak riwayatnya
16.  Laisa bidzalika al qawi” adalah contoh tingkatan jarh yang ke ...
a.    dua
b.    tiga
c.    empat
d.    lima
e.    enam
17.  Yang pertama kali menyusun tingkatan kata kata dalam el jarh wa el ta’diel adalah ... 
a.    Yahya ibn Ma’in
b.    Abu Muhammad Abdur Rahman ibn Abi Hatim
c.    Ahmad ibn Hambal
d.    Imam Syamsuddin Muhammad ibn Ahmad
e.    Ibnu Hajar al ‘Asqalani
18.  Karya kitab dalam bidang el jarh wa el ta’diel  yang mula mula sampai kepada kita adalah
a.    makrifatur ruwat
b.    makrifatul hadis
c.    makrifatur rijal
d.    makrifatul jarh wa el ta’dil
e.    makrifatun nisa’
19.  Yang pertama kali menyusun kitab dalam bidang el jarh wa el ta’diel  adalah …
a.    Yahya ibn Ma’in
b.    Abu Muhammad Abdur Rahman ibn Abi Hatim
c.    Ahmad ibn Hambal
d.    Imam Syamsuddin Muhammad ibn Ahmad
e.    Ibnu Hajar al ‘Asqalani
20.    Dibawah ini adalah metode ulama dalam menyatakan keadaan seorang rowi, kecuali,
a.    jujur dan tuntas dalam memberikan penilaian
b.    cermat dalam meneliti dan menilai
c.     terpengaruh kepentingan madzhab
d.    mematuhi etika dalam mentarjih
e.    secara global dalam menta’dil dan terinci dalam mentarjih
21.    Abu al Husein Muslim bin al Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al Qusyairy an Naisabury merupakan nama lain dari Imam …
a.    Bukhari
b.    Muslim
c.     Tirmidzi
d.    Nasa'i
e.    Abu Daud
22.  Karya terbesar Imam Bukhari adalah ...
a.    Kitab al Musnad al Shahih
b.    Kitab al Sunan al Shahih
c.    Kitab al Jami’ al Shahih
d.    Kitab al Hadis al Shahih
e.    Kitab al Sunnah al Shahihah
23.  Nama lengkap Imam Ibnu Majah ialah ...
a.    Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il
b.    Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj
c.    Abu Abdillah Muhammad bin Yazid
d.    Abu A’isyah Muhammad bin Isa
e.    Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
24.  Nama lengkap Imam An Nasai adalah ...
a.    Abu Daud Sulaiman ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
b.    Ahmad ibn Syu’aib ibn Ali ibn Bahr ibn Sinan
c.    Abu Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
d.    Abu Sulaiman Daud ibn al Asy’as ibn Basyir ibn Syidad ibn Amran al Azdi As Sijistani
e.    Abu Daud Abdirrahman Muhammad bin Syu’aib
25.    Tempat dan tahun wafat Imam Abu Daud adalah ...
a.    Basro, 275
b.    Makkah, 275
c.    Sijistan, 275
d.    Basro, 202
e.    Sijistan, 202
26.  Diantara ciri-ciri musnad adalah dibawah ini, kecuali...
a.    disusun sesuai urutan rowi yang paling atas yaitu Sahabat atau Tabi’in jika hadisnya mursal.
b.    Susunan Sahabat atau Tabi’in tersebut berdasarkan huruf hija’iyah, awal masuk Islam, atau berdasarkan kabilah.
c.    Semua sanad hadisnya sambung atau Muttasil
d.    Matan hadis-hadisnya yang ditulis setelah nama Sahabat atau Tabi’in tidak diurutkan
e.    Hadis-hadisnya ada yang Sahih, Hasan, dan Da’if.
27.  Kitab hadis yang memuat bab dari berbagai dimensi keagamaan, seperti aqidah, hukum, akhlak, sejarah, manaqib, bahkan juga gambaran tentang akhir zaman. Kitab ini menurut muhadisin diistilahkan dengan …
a.    Al Jami’u
b.    Al Mustakhraj 
c.    Al Musnad
d.    Al Mustadrak
e.    Al Mu’jam
28.  Kitab yang ditulis oleh Dr. A.J. Wensinck dari Universitas Leyden Belanda adalah berjudul
a.    al-Mustadrak li sahihi al-Muslim       
b.    al-Mustakhrajat Abu Awanah
c.    al-Mu’jam al-Mufahras li al-fazi Al-Hadith
d.    al-Mu’jam ath-thalathah
e.    al-Musnad al-Saghir
29.  Orang yang mengendarai sepeda motor di jalan raya tanpa mengenakan helm, berarti bertentangan dengan potongan hadis...
a. من أطاعني فقد أطاع الله       
b. و من يعص الأمير فقد عصاني
c. و من يطع الأمير فقد أطاعني     
d. السمع و الطاعة فيما أحب و كره
e. السمع و الطاعة على المرء المسلم فيما أحب و كره
30.    Perhatikan hadis berikut ini !
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : ما نهيتكم عنه فاجتنبوه وما أمرتكم به فافعلوا منه ما استطعتم فإنما أهلك الذين من قبلكم كثرة مسائلهم واختلافهم على أنبيائهم ( رواه مسلم )
Terjemahan matan yang bergaris bawah adalah …
a.    Apa yang telah aku larang kepadamu, maka tinggalkanlah semampu kalian.
b.    Apa yang telah aku perintahkan kepada kalian, maka tinggalkanlah semampu kalian.
c.     Apa yang telah aku perintahkan kepada kalian, maka lakukanlah semampu kalian.
d.    Apa yang telah aku perintahkan kepada kalian, maka lakukanlah dengan serius.
e.    Apa yang telah aku perintahkan kepada kalian, maka lakukanlah sekali saja.
31.  Perhatikan hadis berikut ini!
من مات وليس في عنقه بيعة مات ميتة جاهلية
Hadis di atas mengandung kajian tentang kewajiban …
a.    Berbakti kepada orang tua
b.    Patuh kepada pemimpin
c.     Bertanggung jawab kepada keluarga
d.    Membentuk Negara islam
e.    Berbuat baik kepada orang lain
32.  Maksud dari potongan hadis  وَعَلَى أَنْ نَقُولَ بِالْحَقِّ  adalah...
a.    perbuatan yang haq harus ditaati     
b.    ucapan yang haq harus ditaati
c.    dan untuk berkata yang haq
d.    mendengar ketaatan adalah haq
e.    taat adalah perbuatan yang haq
33.  Potongan hadis yang menunjukkan makna bahwa tidak boleh ditaati orang yang memerintahkan kemaksiyatan....
a. من يطع الأمير فقد عطاعني
b. من يعصي الأمير فقد عصاني
c.  ما لم يؤمن بمعصية            
d. من عصى الله فقد عصاني
e. فإذا أمر بمعصية فلا سمع و لا طاعة
34.  Perhatikan hadis berikut ini !
إِذَا رَأَوْا الْمُنْكَرَ لَا يُغَيِّرُونَهُ أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمْ اللَّهُ بِعِقَابِهِ
Hadis diatas adalah dalil yang membuktikan bahwa...
a.    Allah mengadhab orang yang tidak mau da’wah secara umum
b.    Allah mengadhab orang mungkar didunia dan akhirat     
c.     Allah mengadhab orang yang melakukan kemungkaran
d.    Allah mengadhab orang yang berda’wah tanpa ilmu
e.    Allah mengadhab orang yang meninggalkan kemungkaran
35.  Perhatikan hadis dibawah ini!
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيرَنَا وَيَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَ عَنْ الْمُنْكَرِ
Hadis diatas menerangkah bahwa orang yang tidak melakukan amar ma’ruf nahi mungkar adalah....
a.    teman syetan             
b.    tidak termasuk golongan Nabi
c.     tidak bisa ke surga     
d.    pasti ke neraka          
e.    berdosa besar
36.    Dibawah ini adalah kuwajiban orang tua terhadap anak, kecuali....\
a.    mengajarkan shalat               
b.    mengajarkan Alquran
c.    memberikan kesejahteraannya
d.    menikahkan jika menjumpainya
e.    memberi nama yang baik
37.    Potongan hadis dibawah ini yang mengandung makna bahwa pemimpin keluarga akan diminta pertanggungjawabannya diakhirat kelak adalah.....
a. كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ          
b. فَالْإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
c. وَالْخَادِمُ فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
d. وَالْمَرْأَةُ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا
e. وَالرَّجُلُ فِي أَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
38.  Batasan umur anak untuk dipaksa melakukan shalat adalah....
a.    7 tahun                       
b.    10 tahun
c.    9 tahun
d.    15 tahun         
e.    17 tahun
39.    Tanda-tanda orang yang jujur adalah dibawah ini, kecuali...
a.    tidak ragu-ragu          
b.    tenang perangainya.
c.    bersikap berani,         
d.    saling percaya mempercayai
e.    lugu dalam berkata-kata
40.    Perhatikan hadis berikut ini !
وَأَبْغَضَ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ وَأَبْعَدَهُمْ مِنْهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ
Kata yang bergaris bawah artinya adalah imam yang....
a.    zalim                           
b.    adil                             
c.    jujur
d.    tanggungjawab                      
e.    berani karena benar
41.  Ilmu yang mempelajari pengutipan segala informasi terkait Nabi SAW, baik itu berupa sabdanya, aktifitasnya ataupun pengakuannya disebut ilmu …
a.    Dirayah
b.    Riwayah
c.    Nasikh
d.    Mukhtaliful hadis
e.    Tajrih wa ta'dil
42.    Penyusun pertama Ilmu Hadis Dirayah ialah ...
a.    Muhammad Abdurrahman bin Abi Hatim Ar Razi
b.    Yahya bin Ma’in
c.     Muhammad Hasan bin Abdirrahman Arramahumzi
d.    Muhammad bin Ismail Al Bukhari
e.    Imam Muhammad bin Syihab Azzuhri
43.    Pengertian menerima riwayat hadis dengan cara Ijazah ialah ...
a.    belajar hadis dengan diberi ijazah kelulusan
b.    menerima hadis dari murid dengan diakhiri ijazah
c.     menerima riwayat hadis dari seorang rowi (syaikh) dalam bentuk kumpulan naskah hadis tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja disertai pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
d.    menerima pemberian kitab hadis dari seorang rowi kitab kumpulan naskah hadis tanpa pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
e.    Seorang ahli hadis memberikan hadist atau kitab kepada muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
44.    Seorang syaikh harus hafal hadis yang dibacakan di hadapannya, sekiranya murid terdapat kesalahan ketika membacakannya, maka syaikh tersebut bisa membenarkannya. Ini adalah syarat dari …
a.    Al wijadah
b.    Al munawalah
c.     Al ijazah
d.    Al qiraah 'ala syaikh
e.    As sima'
45.  Pengertian menerima riwayat hadis dengan cara al Munawalah ialah ...
a.    belajar hadis dengan diberi ijazah kelulusan
b.    menerima hadts dari murid dengan digakhiri ijazah
c.     menerima riwayat hadis dari seorang rowi (syaikh) dalam bentuk kumpulan naskah hadis tanpa dibacakan atau dibacakan hanya sebagian saja disertai pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
d.    menerima pemberian kitab hadis dari seorang rowi kitab kumpulan naskah hadis tanpa pernyataan ijazah (memberi kewenangan).
e.    Seorang ahli hadis memberikan hadist atau kitab kepada muridnya agar sang murid meriwayatkannya darinya
46.    Sebagian ulama' menyatakan bahwa hadis mustafidh lebih khusus dari hadis masyhur. Letak kekhususan hadis mustafidh adalah bahwa periwayatannya oleh …
a.    Tiga orang perawi pada seluruh tingkatan
b.    Tiga orang perawi pada tingkat tabi'in
c.     Tiga orang perawi pada tingkatan atbaut tabi'in
d.    Ulama ulama hadis
e.    Empat ulama madzhad
47.    Hadis yang di dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang menyendiri disebut dengan hadis …
a.    Aziz
b.    Masyhur
c.     Gharib
d.    Ahad
e.    Marfu'
48.  Syarat Hadis Mutawatir antara lain ...
a.    Jumlah rowinya 3 orang pada setiap tingkatan asal tidak terjadi kebohongan.
b.    Jumlah rowinya lebih dari 9 orang pada setiap tingkatan sehingga tidak mungkin terjadinya kebohongan.
c.     Jumlah rowinya lebih dari 9 orang pada salah satu tingkatan.
d.    Jumlah rowinya kurang dari 9 orang pada salah satu tingkatan.
e.    Jumlah rowinya kurang dari 3 orang pada semua tingkatan.
49.  Definisi Hadis Ahad ialah …
a.    hadis yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang tidak sepakat bohong
b.    hadis yang diriwayatkan oleh sejumlah orang yang jumlahnya tidak memungkinkan terjadinya kebohongan.
c.    hadis yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang kurang dari 3 orang
d.    hadis yang diriwayatkan oleh tiga rowi atau lebih dan tidak sampai pada batas mutawatir
e.    hadis yang diriwayatkan oleh sejumlah rowi yang tidak sampai pada batas mutawatir
50.    Berikut ini merupakan contoh hadis mutawatir lafdzi.
a.    المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده
b.    ارضيت من تفسك ومالك بنعلين؟ فقلت: نعم فأجاز.
c.     من كذب علي متعمدا فليتبوأ مقعده من النار
d.    لاضرر ولاضرار.
e.    الإيمان بضع وسبعون شعبة والحياء شعبة من الإيمان

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kosa Kata Bahasa Arab (2)

Mufrodat Pakaian dan Perlengkapan (اللباس و الألات الزينية ) معانى مفردات Pakaian لِبَاس  / ثَوْب Setelan مِسْدَرَة Gamis/Kemeja قَمِيْص Baju Dalam شِعَار Jas مِعْطَف Jubah جُبَّة Mantel عَبَاءَة Jas Hujan مِمْطَرَة Kaos Dalam عَرَقِيَّة / فَانِلَّة Sarung إِزَار Kain Panjang فُوْطَة Celana سِرْوَال Celana Dalam سِرْوَال دَاخِلِيّ Celana Panjang بَنْطَالُوْن Celana Cawat تُبَّان Blus بِلُوْزَة Rok Dalam تَنُّوْرَة B.H / Mini Set صُدْرِيَّة Baju Kurung جِلْبَان Saku جَيْب Kancing زِرّ Lobang Kancing عُرْوَة Lengan Baju كُمُّ Kerah Baju تَلْبِيْب Baju Atasan فَوْقَانِيَة Pakaian Biasa لِبَاس عَادِيّ Pakaian Tidur لِبَاس نَوْمِيّ Pakaian Sekolah لِبَاس مَدْرِسِيّ Pakaian O

Percakapan Bahasa Arab Harian

Dialek bahasa arab fasihah dan 'amiyah No Bahasa Amiyah Kalimat Arab dengan Tulisan Melayu Bahasa Fasih Makna 1 عَلَى كَيْفَكْ Ala kaifak على ما تريد أنت Menurut keinginanmu 2 ذا الحين Dzal hin الآن Sekarang 3 زَعْلانْ Za'lan غَضْبَانْ Marah 4 لَصِّ السراج Lasshi siroj وَلَّعْ السراج Hidupkan lampu 5 ماندري واه Manadri wah ما أعرف Gak tau 6 قدينك Qodainak أين أنت Dimana kamu 7 سيكل Cycle دراجة Sepeda 8 مزرم Mizrim غضبان Marah 9 سيكل ناري Cycle nari دراجة نارية Sepeda motor 10

المرأة فى الاحاديث الضعيفة

المرأة في الأحاديث الضعيفة والموضوعة تأليف أبو مالك محمد بن حامد بن عبد الوهاب المرأة في الأحاديث الضعيفة والموضوعة تأليف أبو مالك محمد بن حامد بن عبد الوهاب بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ رحم الله شيخنا الألبانيّ، الّذي عرفنا عن طريقه أثر الأحاديث الضعيفة الموضوعة السّيئ على الأمّة، إذ كلّما قرأت حديثاً موضوعاً تأمّلت واقعه، وتتبعت أثره، حتّى تبينت منهجاً كاملاً، استطاع أن يحوّل الدّين إلى مجموعةٍ من الأساطير، وهي غايةٌ عظمى لأعدائه على مدار تاريخه، فالقضيّة هي: تفريغ أمّةٍ من دينها الصّحيح، واستبدال دينٍ خرافيٍّ جزافيٍّ به، يتهوّك به المتهوّكون، ويسخر منه السّاخرون. وكانت قضيّة ’المرأة‘ إحدى أهمّ القضايا، الّتي شغلتني عند تتبعي للأحاديث الموضوعة، الّتي شاعت بين أوساط النّاس في سقوطنا، وتخلّفنا الاجتماعيّ، فلقد أتى علينا زمانٌ ندعو فيه إلى إبادة إنسانيّة المرأة، ونمارس ’الوأد‘ في صورٍ مختلفةٍ تناسب الدّعوى الجاهليّة، حتّى بلغ الجهل بالمرأة المسلمة ح دا أخفقت معه في تربية أجيالٍ، ممّا مهد لما نجني ثماره اليوم، ممّا هو معلومٌ ومشاهدٌ، حيث كان المجتمع يمارس إر